Mampu Menampung 6 Ton Sampah Perhari, Kapal Coldplay Mulai Diuji Coba

Sabtu, 2 Desember 2023 - 15:43 WIB

Tangerang, tvOnenews.com - Kapal neon Moon II bantuan The Ocean Cleanup dan Coldplay mulai diuji coba di aliran sungai Cisadane, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten.

Neon Moon II kapal penyedot sampah bantuan dari The Ocean Cleanup dan grup band asal Inggris Coldplay yang masih dalam tahap uji coba di sungai Cisadane Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kapal berjenis interceptor diperuntukkan sebagai pembersih atau penyedot sampah dari hulu ke hilir di aliran sungai.

Sayangnya sampah yang berada di aliran sungai Cisadane bukan saja sampah plastik dan rumah tangga. Namun banyak ranting-ranting kayu dan bambu sehingga menyulitkan proses penyedotan akibat terhalang.

Kapal ini memiliki enam bak penampungan di dalamnya yang berkapasitas dapat menampung 6 ton sampah per harinya.

Hal ini bisa meminimalisir sampah plastik yang mengalir dari wilayah Bogor Jawa Barat, Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Saat ini kapal Coldplay tengah diuji coba dan rencananya akan dioperasikan pada awal tahun atau Januari tahun 2024 mendatang.

Nantinya sampah yang masuk ke dalam kapal langsung secara otomatis dipilah oleh mesin. Lalu masuk ke dalam enam bak penampung sampah setelah.

Setelah mencapai 800 kg per kotak baru dilakukan penarikan dengan boat kemudian diolah di bank sampah nonorganik dan organik.

Nantinya untuk yang organik bisa dijadikan pupuk atau makanan maggot. Sementara yang non organik bisa dijual atau diolah dengan mesin holding untuk dijadikan batako. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral