Melirik, Kapal Rumah Sakit Untuk Gaza

Kamis, 7 Desember 2023 - 15:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan Republik Indonesia akan mengirimkan kapal perang KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 untuk mengemban misi kemanusiaan di Gaza, Palestina. 

Kapal ini merupakan kapal Rumah Sakit milik TNI Angkatan Laut (AL). Kelengkapan media sarana dan prasarana di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sangatlah lengkap. Bahkan, setara dengan rumah sakit tipe C di darat. 

Kapal ini juga lengkap dengan berbagai macam ruangan seperti Unit Gawat Darurat (UGD) ICU dan HCU, sehingga pasien dapat menjalani berbagai penanganan medis di kapal, bahkan hingga menjalani operasi. 

Diketahui, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sudah tiba di Jakarta sejak hari Kamis (30/11/2023) lalu untuk membawa bahan bantuan dari Koarmada II Surabaya dan akan membawa bantuan kemanusiaan yang sejak bulan lalu dikumpulkan di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan, KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 sudah dalam keadaan siap. 

Hanya saja, pihaknya masih menunggu perintah dari pemerintah pusat terkait dengan perizinan berlayar ke Mesir.

Pada rencananya, kapal ini akan bersandar di pelabuhan Mesir yang dimana terdapat  163 kru kapal yang akan diberangkatkan yakni termasuk 16 tenaga kesehatan. 

Perjalanan dari Indonesia ke perairan di sekitar Gaza pun diestimasikan akan memakan waktu sebanyak 17 hari. (ayu)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral