Lansia dan Anak-Anak Dievakuasi, Pengungsi Erupsi Gunung Lewotobi Capai Empat Ribu Orang

Selasa, 9 Januari 2024 - 12:32 WIB

Larantuka, tvOnenews.com - Gunung Api Lewotobi Laki-laki terus erupsi dan  mengeluarkan abu vulkanik. Data Posko bencana Lewotobi mencatat, 4.788 mengungsi di 15 lokasi pengusian. 

Hingga hari ke-9 pasca erupsi dahsyat, aktivitas gunung masih terus erupsi yang membuat warga di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Wulanggitang, Titehena dan Demon Pagong. 

Meskipun bantuan kini terus berdatangan, namun warga yang mengungsi masih membutuhkan bantuan berupa obat-obatan, tikar, selimut dan air bersih. 

Sementara itu, tim sar gabungan mengevakuasi puluhan lansia yang terjebak erupsi Gunung Api Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, NTT. 

Proses evakuasi pun tidak mudah lantaran petugas membawa lansia dan anak-anak untuk melintasi medan-medan menantang. 

Petugas melakukan evakuasi merespon permintaan dari para korban. Korban adalah para penduduk di lereng gunung dalam radius 2 kilometer dari puncak kawah. 

Mereka awalnya mencoba bertahan saat erupsi terjadi, namun karena erupsi memburuk dan kondisi kesehatan mereka menurun, sebagian penduduk pun akhirnya memilih dievakuasi. 

Akan tetapi, tak semua penduduk mau dievakuasi oleh petugas. Diketahui saat ini total hampir 5.000 penduduk yang berhasil dievakuasi akibat erupsi Gunung Api Lewotobi Laki-Laki. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
01:43
03:04
02:10
03:23
06:38
Viral