Jalan Tengah Polemik Halal Haram Musik dalam Islam

Sabtu, 11 Mei 2024 - 10:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Seni, Budaya, dan Peradaban Islam, KH Dr Jeje Zaenudin menyebutkan debat soal halal dan haramnya musik merupakan debat yang tidak produktif dan tidak memberikan solusi apapun.

Ia menjelaskan, bahwa belum ada dalil terkait halal atau haramnya music bagi agama Islam. Hal ini ia sampaikan saat menjadi narasumber di program acara 'Apa Kabar Indonesia Pagi' di tvOne. 

Ketua Umum PP Persis itu menilai polemik masalah hukum musik dan lagu hanyalah mendaur ulang perdebatan masalah fikih klasik yang sudah ada sejak berabad-abad lalu.

Ia melanjutkan, adanya perbedaan pendapat di kalangan para ulama sejak zaman dahulu menunjukkan bahwa masalah musik dan lagu tidak ada dalil yang qath'i dan sharih atau dalil yang secara pasti dan tegas dari Al Quran, Hadits, maupun ijmak ulama tentang pengharamannya secara mutlak.

Karena jika ada dalil yang pasti, jelas, dan tegas dari Quran, Hadits, ataupun Ijmak, kata dia, tidak mungkin terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama sejak zaman dahulu. Simak video berikut, untuk mengetahui selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral