Panglima TNI Cek Pasukan yang Disiapkan ke Gaza

Senin, 10 Juni 2024 - 09:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau kesiapan Rumah Sakit Lapangan yang digelar di Yonkes-1/Kostrad.

Peninjauan tersebut adalah bagian dari rangkaian penyiapan operasi kemanusiaan gabungan bidang kesehatan di Gaza, Palestina.

Dalam peninjauannya, Panglima TNI memastikan bahwa seluruh personil kesehatan dan peralatan milik Yonkes-1/Kostrad yang dipersiapkan untuk misi kemanusiaan ke Gaza dalam kondisi siap beroperasi.

Panglima Agus juga telah menyampaikan kesiapan pasukannya untuk ditempatkan sebagai pasukan perdamaian dunia di Jalur Gaza jika mendapat izin dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Hal ini disampaikan Agus saat menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024). 

Agus mengatakan menyiapkan Brigade Komposit yang terdiri dari Batalyon Support, Batalyon Kesehatan, Batalyon Zeni, dan Batalyon Perbekalan. 

Sementara itu, untuk perawatan langsung di lokasi konflik, TNI akan menyiakan dua kapal rumah sakit, yakni KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 dan KRI dr Soeharso-990.

TNI juga menyiapkan Rumah Sakit Pusat TNI AD (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Pangsar Soedirman Kementerian Pertahanan apabila pasien dari Gaza dibawa ke Indonesia. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral