Kesedihan Warga Gaza di Hari Perayaan Iduladha, Sulit Temukan Hewan Kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 13:11 WIB

Gaza, tvOnenews.com - Idul Adha tahun ini tak sama dengan tahun-tahun sebelumnya di Gaza Palestina.

Relawan Mer-C, Fikri Rofi’ul Haq menceritakan bagaimana warga Gaza merayakan Iduladha di tengah serangan yang terus dilancarkan oleh Israel.

Iduladha di Jalur Gaza jatuh pada hari Ahad atau hari Minggu tanggal 16 juni 2024 kemarin.

“Memang sangat berbeda pada hari raya Idul Adha ini. Masyarakat hampir sama sepertinya perayaan dengan hari raya Idul Fitri kemarin di mana mereka melaksanakan salat di puing-puing runtuhan, di sebuah lapangan yang sekelilingnya bangunan sudah hancur total tidak bisa ditinggali, dan mungkin ada beberapa warga yang masih bisa melaksanakan salat di masjid ataupun di bangunan-bangunan namun memang banyak juga bangunan-bangunan yang sudah tidak utuh,” tutur Fikri.

Selain itu, Fikri pun menceritakan bahwa tidak ada sama sekali perayaan pemotongan hewan kurban karena tidak tersedianya hewan kurban di Gaza.

Tercatat dari Kemenkes Palestina ada 37.700 lebih warga yang sudah meninggal akibat pembantaian dilakukan Zionis Israel sejak 7 Oktober lalu Sampai hari

“Lebih menyedihkan lagi adalah mereka tidak bisa merasakan nikmatnya daging kurban ataupun tidak bisa melaksanakan penyembelihan hewan kurban karena tidak tersedianya ee hewan-hewan,” ucap Fikri.

Bahkan para relawan dari organisasi nirlaba pun berusaha mencari hewan kurban tapi tidak ditemukan sama sekali hewan yang dapat dikurbankan. 

“Sudah beberapa hari sebelum hari Idul adat bahkan berminggu-minggu sudah mencari hewan kurban dan kami tidak menemukan apapun selain mungkin makanan-makanan kaleng yang mereka bisa makan, bahkan itu adalah hasil dari bantuan-bantuan yang memang stoknya sudah menipis,” ungkapnya. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral