Tak Mau Kecolongan, MenPAN-RB Siapkan Unit Khusus untuk Cegah Kebocoran Data

Sabtu, 29 Juni 2024 - 09:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan kementeriannya sedang menyiapkan unit khusus untuk menjaga dan mengelola data nasional untuk mencegah kebocoran data.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas memastikan data-data di kementeriannya tidak bermasalah meski Pusat Data Nasional (PDN) diretas. 

Hal itu dikatakannya usai membahas evaluasi sistem PDN bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/6/2024). 

"(Data di KemenPAN-RB) Tidak ada masalah, tidak ada kendala, kita juga ada backup data," kata Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2024). 

Ia mengakui, sejauh ini, data-data di KemenPAN-RB masih dalam proses migrasi ke Pusat Data Nasional (PDS).

Anas juga menyebut India dan Kanada dapat menjadi tolok ukur bagi upaya memperkuat keamanan Pusat Data Nasional (PDN) di Indonesia.

"Saya tadi menyampaikan benchmark di berbagai negara. Ada di Kanada, India, dan berbagai negara, ternyata ada unit khusus yang secara tata kelola kelembagaan mengurus ini," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya memproses pembentukan tata kelola kelembagaan khusus untuk memperkuat perlindungan terhadap PDN. 

Untuk tahap awal yang ditempuh berupa pembentukan unit pelaksana teknis terkait pengelolaan PDN. Selain itu, pihaknya juga masih mengkaji referensi berbagai negara untuk pembentukan tata kelola kelembagaan khusus PDN. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:58
17:49
36:03
01:21
02:08
05:49
Viral