Minim Pendaftar, SD Negeri 1 Balong di Kulonprogo Hanya Dapat Satu Siswa

Kamis, 4 Juli 2024 - 15:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Meski berbagai upaya promosi telah dilakukan namun SD Negeri 1 Balong hanya mendapatkan satu siswa di tahun ajaran kali ini.

Jika di kota besar marak terjadi fenomena rebutan sekolah, namun tidak demikian yang terjadi di Kabupaten Kulongprogo Yogyakarta.

Kondisi ini diantaranya terjadi di sejumlah sekolah. Dari empat sekolah di Desa Banjarsari jumlah siswa baru yang masuk ke sekolah hanya berkisar satu hingga empat orang.

Salah satunya di SD Negeri 1 Balong di sekolah ini hanya ada satu siswa baru yang mendaftar masuk sekolah pada tahun ajaran ini.

Sementara jumlah seluruh siswa mulai kelas 1 hingga 6 hanya 20 siswa.

Fenomena minimnya siswa di sekolah di daerah perbukitan Menoreh ini terjadi lantaran banyaknya warga yang merantau ke kota besar dan enggan untuk pulang ke kampung halaman.

Akibatnya warga usia produktif di desa ini pun sejak beberapa tahun terakhir turun drastis.

Berbagai upaya promosi mulai dari program ekstrakurikuler hingga pemberian seragam dan juga alat sekolah gratis telah dilakukan. Namun karena tak ada warga yang ingin memasukkan anaknya ke sekolah ini, pada tahun ini pihak sekolah hanya bisa pasrah karena hanya mendapatkan satu siswa saja. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:06
01:31
02:06
01:33
01:30
10:16
Viral