Soroti Kasus Vina, Reza Indragiri: Situasi yang Tak Baik Ternyata Tidak Berhasil Diperbaiki

Selasa, 9 Juli 2024 - 09:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Psikolog forensik Reza Indragiri Amriel menyoroti putusan praperadilan Pegi Setiawan yang dinyatakan bebas dari penetapan tersangka Polda Jabar terkait kasus Vina Cirebon.

Reza Indragiri mengatakan kini setelah terbukti penetapan tersangka Pegi Setiawan tak sesuai prosedur, nama Polda Jabar menjadi semakin memburuk. 

Di dalam sidang praperadilan Senin (8/7/2024) lalu, dinyatakan bahwa penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka bermasalah sejak awal sehingga dianggap tidak sah.

Gagalnya Polda Jabar untuk memperbaiki situasi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan, termasuk kemungkinan penyidik yang sembrono dalam menangkap Pegi Setiawan.

Meski demikian menurut Reza, jika memang kegagalan Polda Jabar di sidang praperadilan Pegi Setiawan ini karena sembrono, maka yang harus disalahkan adalah keseluruhan institusi.

Menurut Reza, di dalam pengusutan kasus Vina ataupun perkara lainnya, penyidik tidak bekerja sendirian melainkan ada pihak atas yang melakukan supervisi.

Setelah kasus Vina ini menjadi kian ramai, hingga Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyinggung soal scientific investigation, Kapolda Jawa Barat tak kunjung muncul. 

Reza pun semakin khawatir bahwa memang ada permasalahan sistemik yang harus diperbaiki polisi. Lebih lanjut, ia menyarankan agar kasus Vina ini dimulai dari awal. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
02:49
06:34
01:55
02:35
01:52
Viral