Mahfud Sebut KPU Tak Layak Gelar Pilkada

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:34 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kritikan mantan Menkopolhukam Mahfud MD soal Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dinilai tidak layak menyelenggarakan Pilkada mendapat tanggapan dari berbagai pihak, mulai dari elit partai, menteri hingga Presiden Joko Widodo. 

Presiden Joko Widodo menanggapi kritikan Mahfud MD yang menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak layak menyelenggarakan Pilkada. 

“Oh kan sudah sukses meninggalkan Pemilu dan Pilpres dengan baik serta lancar, tidak ada masalah,” ucap Presiden Jokowi.  

Diketahui sebelumnya, melalui akun pribadinya Mahfud MD berkomentar soal situasi yang sedang membelit KPU, usai Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)  memecat Ketua KPU Hasyim Asy'ari. 

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga berpendapat, Pilkada sudah menjadi agenda nasional sehingga tak mungkin membentuk KPU baru. 

Wapres juga menegaskan, kinerja KPU harus dinilai berdasarkan kerja tim, bukan perorangan. 

Selain itu, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menyebut, KPU masih layak menjadi penyelenggara Pilkada serentak yang nantinya, kewenangan evaluasi KPU ada di tangan DPR. 

Tak hanya itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga menilai, pihak KPU masih layak untuk menyelenggarakan Pilkada serentak. 

Selain menilai KPU tak layak menyelenggarakan Pilkada, Mahfud MD juga mengusulkan agar seluruh komisioner KPU mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral. (ayu)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral