Desain Istana Garuda Picu Polemik, I Nyoman Nuarta Beberkan Makna di Baliknya

Rabu, 14 Agustus 2024 - 14:28 WIB

Kalimantan Timur, tvOnenews.com - Desain Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) menuai banyak kritik di media sosial. Simbol Garuda yang dipilih lebih mirip dengan kelelawar karena berwarna coklat gelap yang menimbulkan kesan suram. 

Akun Instagram Nyoman Nuarta selaku arsitek dari Istana Garuda IKN pun dibanjiri kritikan dari warganet. 

Komentar-komentar bernada pedas tersebut berkaitan dengan respon Nyoman Nuarta terhadap kritikan publik akan desain Garuda IKN yang dianggap melenceng dari gambar-gambar yang selama ini beredar. 

Warganet bahkan menyebut, Istana Garuda mirip dengan istana kelelawar  karena warnanya yang hitam dan juga bentuknya yang sekilas mirip kelelawar. 

Terlepas dari sebutan unik lain dari netizen terhadap Istana Garuda, Nyoman Nuarta juga memberikan pernyataan atas karyanya yang viral di media sosial. 

Pernyataan paling kontroversialnya adalah menyebut desainnya berbeda level dengan desain rumah, toko ataupun hotel. 

Lantas, apa alasan Nyoman Nuarta memilih desain garuda? 

Desainer atau perancang Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) Nyoman Nuarta, memberikan penjelasan mengenai warna bangunan ikon tersebut, yang selama ini dianggap gelap dan beraura mistis.

Ia mengungkapkan bahwa warna kuningan di bagian muka Istana Garuda akan mengalami perubahan seiring waktu. Warna tersebut akan secara perlahan berubah menjadi hijau kebiruan karena proses alami yang disebut Patina.

Ia mengatakan bahwa hal itu serupa dengan proses perubahan warna yang terjadi pada Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, yang juga merupakan karyanya.

Selain itu, struktur bilah pada Istana Garuda terbuat dari baja tahan cuaca yang awalnya berwarna kemerahan. Namun, seiring berjalannya waktu dan terpapar cuaca, warnanya akan berubah menjadi lebih gelap dalam kurun waktu satu hingga dua tahun.

Meskipun demikian, Nyoman tampak merespons semua kritik dan cibiran itu dengan santai dan bukan menjadi hal baru baginya dan karyanya.

Nyoman tidak mempermasalahkan kritik yang diterimanya. Ia justru menegaskan bahwa desain Istana Garuda IKN tidak memiliki kemiripan dengan gedung-gedung lain. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral