Polemik Paskibraka Lepas Jilbab

Kamis, 15 Agustus 2024 - 09:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menanggapi polemik terkait Paskibraka lepas jilbab saat upacara pengukuhan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. 

BPIP menegaskan tidak melakukan pemaksaan untuk lepas jilbab kepada anggota Paskibraka. 

“Berkembangnya wacana di publik terkait tuduhan kepada BPIP melakukan pemaksaan lepas jilbab. BPIP memahami aspirasi masyarakat,” ucap Yudian Wahyudi.  

“BPIP menegaskan bahwa tidak melakukan pemaksaan lepas jilbab penampilan Paskibra putih dengan mengenakan pakaian, atribut dan sikap tampang sebagaimana terlihat pada saat pelaksanaan tugas kenegaraan yaitu pengukuhan Paskibraka adalah kesukarelaan mereka dalam rangka mematuhi peraturan yang ada dan hanya dilakukan pada saat pengukuhan Paskibraka dan pengibaran sang Merah Putih pada Upacara Kenegaraan saja,” tambahnya. 

Ia pun menjelaskan bahwa diuar dari acara pengukuhan Paskibraka dan pengibaran sang Merah Putih pada upacara Kenegaraan, Paskibraka Putri memiliki kebebasan dalam penggunaan jilbab dan pihak BPIP menghormati hak kebebasan penggunaan jilbab tersebut. 

Sementara itu, menyoal pelarangan pemakaian jilbab saat pengukuhan anggota Paskibraka 2024, Ketua MUI KH Cholil Nafis menyatakan pelarangan itu justru tidak mencerminkan kebhinekaan. Simak video berikut, untuk mengetahui selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral