Waspada Cacar Monyet Masuk Indonesia, 88 Kasus Terkonfirmasi

Senin, 26 Agustus 2024 - 14:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sebanyak 88 kasus cacar monyet atau monkeypox telah ditemukan di Indonesia. Penyakit yang berawal dari benua Afrika itu telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat Kesehatan Global.

Monkeypox menjadi pembahasan yang ramai belakangan ini. Wabah ini dipicu oleh virus yang berasal dari keluarga Poxviridae, genus Orthopoxvirus. 

Virus ini awalnya ditemukan pada monyet, namun dapat menular ke manusia. 

Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinfeksi, atau melalui droplet pernapasan dari orang yang terinfeksi.

Minimnya informasi mengenai jenis ini penyakit ini menyebar melalui kontak dekat termasuk kontak seksual, Mpox telah menyebar ke berbagai penjuru dunia selain Kongo, seperti Swedia, Thailand, Kenya, Rwanda, dan Uganda.

Sementara itu di Indonesia telah ditemukan 88 kasus konfirmasi Mpox di Jakarta sebanyak 59 kasus, Di Jawa Barat 13 kasus, di Banten 9 kasus, di Jawa Timur 3 kasus, di Yogyakarta 3 kasus, dan Kepulauan Riau 1 kasus.

Sementara itu WHO resmi menetapkan wabah Mpox yang berlangsung di Afrika sebagai keadaan darurat Kesehatan Global.

WHO terus bekerja sama dengan dengan sejumlah negara dan produsen vaksin untuk menanggulangi percepatan penyebaran virus dan memberikan pendanaan sebesar USD 15 juta untuk mendukung pengawasan dan langkah mengatasi wabah Mpox. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral