Agenda Kedatangan Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Minggu, 1 September 2024 - 12:40 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. 

Ada sederet agenda yang akan dilakukan Paus dalam perjalanan apostoliknya di Jakarta.

Tema kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yaitu Iman, Persaudaraan, dan Bela Rasa. “Iman yang teguh menghasilkan persaudaraan sejati, sementara persaudaraan sejati diungkapkan dalam belarasa kepada sesama dan alam semesta”.

Paus Fransiskus adalah Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Pertama adalah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung pada 3-4 Desember 1970. Sembilan belas tahun kemudian, Paus Santo Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. 

Sekarang sesudah 35 tahun, Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia.

Berikut Agenda Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia : 

- Senin, 2 September 2024, dari Roma, Paus berangkat dengan pesawat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino ke Jakarta

- Selasa, 3 September 2024 tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Penyambutan resmi Kedatangan Paus Fransiskus 

- Rabu, 4 September 2024 di Pelataran Istana Merdeka, Jakarta digelar Upacara Selamat Datang dan  Kunjungan Kehormatan kepada Presiden Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta.  Kemudian di Aula Istana Negara, Jakarta digelar Pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik (Pidato Bapa Suci).

Paus juga akan berkunjung ke Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta untuk mengadakan Pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ). 

Lalu dilanjutkan ke Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta Grha Pemuda untuk melakukan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis (Pidato Bapa Suci) dan Pertemuan dengan Scolas occurentes.

-Kamis, 5 September 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta digelar pertemuan antaragama (Pidato Bapa Suci)

Kemudian Paus Fransiskus bergerak ke Kantor KWI, Jakarta    untuk melakukan Pertemuan dengan Penerima Manfaat Organisasi Amal

Sorenya di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Digelar misa atau  Perayaan Ekaristi  (Homili Bapa suci) 

-Jumat, 6 September 2024, Paus Fransiskus mengakhiri perjalanan di Indonesia dan  bergerak ke Bandara Internasional Soekarno – Hatta, menuju keberangkatan Perjalanan Jakarta-Port Moresby, Papua Nugini.
 
Paus akan berkunjung ke Papua Nugini dan Vanimo dari 6 hingga 9 September 2024, Dili (Timor Leste) dari 9 hingga 11 September 2024, dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral