Persiapan Gereja Katedral Jelang Kedatangan Paus Fransiskus

Senin, 2 September 2024 - 09:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Gereja Katedral Jakarta mulai mempersiapkan area dan tempat tambahan jelang kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Rencananya pemimpin umat Katolik sedunia itu akan mengunjungi Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal.

Beberapa persiapan menyambut kedatangan Paus Fransiskus telah dilakukan oleh petugas Gereja Katedral sejak beberapa bulan terakhir.

Pihak Gereja Katedral memasang papan selamat datang berhias wajah Paus Fransiskus.

Sambutan kedatangan ini semakin spesial dengan hiasan wayang dan corak motif batik yang menunjukkan keindahan budaya Indonesia.

Tempat spot foto dengan gambar Paus Fransiskus juga disediakan pihak gereja bagi jemaah yang ingin berfoto bersama.

Meski Gereja Katedral melakukan sejumlah persiapan, umat Katolik masih terlihat menjalankan ibadah Misa mingguan seperti biasanya. 

Berikut Agenda Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia :  

- Senin, 2 September 2024, dari Roma, Paus berangkat dengan pesawat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino ke Jakarta 

- Selasa, 3 September 2024 tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Penyambutan resmi Kedatangan Paus Fransiskus  

- Rabu, 4 September 2024 di Pelataran Istana Merdeka, Jakarta digelar Upacara Selamat Datang dan  Kunjungan Kehormatan kepada Presiden Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. 

Kemudian di Aula Istana Negara, Jakarta digelar Pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik (Pidato Bapa Suci). 

Paus juga akan berkunjung ke Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta untuk mengadakan Pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ).  

Lalu dilanjutkan ke Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta Grha Pemuda untuk melakukan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis (Pidato Bapa Suci) dan Pertemuan dengan Scolas occurrences. 

-Kamis, 5 September 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta digelar pertemuan antaragama (Pidato Bapa Suci) Kemudian Paus Fransiskus bergerak ke Kantor KWI, Jakarta    untuk melakukan Pertemuan dengan Penerima Manfaat Organisasi Amal Sorenya di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Digelar misa atau  Perayaan Ekaristi  (Homili Bapa suci)  

-Jumat, 6 September 2024, Paus Fransiskus mengakhiri perjalanan di Indonesia dan  bergerak ke Bandara Internasional Soekarno – Hatta, menuju keberangkatan Perjalanan Jakarta-Port Moresby, Papua Nugini.   

Paus akan berkunjung ke Papua Nugini dan Vanimo dari 6 hingga 9 September 2024, Dili (Timor Leste) dari 9 hingga 11 September 2024, dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral