Jejak Sejarah Kunjungan Paus Yohanes Paulus II

Rabu, 4 September 2024 - 13:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemimpin Katolik sedunia Paus Yohanes Paulus II pernah berkunjung ke Unika Atma Jaya.

Dalam lawatannya ke Indonesia pada tahun 1989, beberapa barang peninggalan Paus Yohanes II pun masih tersimpan rapi di sana.

Sebagai informasi, Paus Yohanes Paulus II merupakan Pemimpin Tertinggi Takhta Suci Vatikan kedua yang pernah berkunjung ke Indonesia, setelah Paus Paulus VI. 

Kunjungan Paus Yohanes Paulus II berlangsung pada 8-12 Oktober 1989. Kota yang dikunjungi adalah Jakarta, Maumere, Yogyakarta, dan Medan.

Dalam kunjungan ini, Paus Yohanes Paulus II melakukan lawatannya selama seminggu di Indonesia. 

Ini merupakan kali pertama Paus melakukan kunjungan resmi kenegaraan dan berkeliling Indonesia. 

Umat Katolik Indonesia kembali bersuka cita menyambut kedatangan Paus Yohanes Paulus II.

Kunjungan Paus Yohanes Paulus II di Indonesia dimulai di Jakarta pada 9 Oktober 1989. 

Saat itu, Paus memimpin misa kudus ekaristi di Stadion Utama Senayan (kini Stadion Utama GBK) serta melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Soeharto di Istana Merdeka.

Pada 10 Oktober 1989, Sri Paus menyambangi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) serta bertemu dengan biarawan-biarawati di Gereja Katedral Jakarta. 

Pada hari yang sama, Sri Paus bertolak ke Yogyakarta dan kedatangannya kala itu disambut umat Katolik di Lapangan Dirgantara Yogyakarta.

Setelah berkunjung ke Maumere, Dili (kini menjadi bagian Timor Leste), dan Medan, pada 14 Oktober 1989, Paus Yohanes Paulus II meninggalkan Indonesia. 

Dalam kunjungannya, Paus Yohanes Paulus II menyampaikan pesan sederhana kepada umat Katolik di Indonesia agar meneguhkan iman kepada Kristus. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral