Sejarah Singkat Kunjungan 3 Paus ke Indonesia

Rabu, 4 September 2024 - 14:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kunjungan Paus Fransiskus hari ini merupakan kunjungan ketiga paus sebagai kepala negara Vatikan.

Dalam sejarah ada tiga paus yang pernah mengunjungi Indonesia. Kunjungan para paus menunjukkan bagaimana setiap kunjungan paus tidak hanya memiliki tujuan keagamaan dan spiritual tetapi juga membawa dampak dan pesan penting.

Dalam konteks geopolitik dan sosial pada masa masing-masing, paus pertama yang berkunjung ke Indonesia adalah Paus Paulus VI pada tahun 1970.

Kunjungan Paus Paulus VI ke Indonesia terjadi setelah Indonesia berhasil menumpas gerakan komunis pada tahun 1965.

Saat itu pemerintahan Soeharto yang baru berkuasa ingin menunjukkan stabilitas dan harmoni antar agama di Indonesia setelah kekacauan politik yang ditimbulkan oleh peristiwa G30S/PKI.

Kunjungan ini menunjukkan semangat terhadap dukungan perdamaian dan kerukunan antar agama yang diupayakan oleh Pemerintah Indonesia serta mendukung pemerintahan baru yang anti komunis.

Paus kedua yang berkunjung ke tanah air adalah Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Kunjungan Paus Yohanes Paulus II berlangsung di tengah perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur.

Meskipun Indonesia bersikap netral, Pemerintahan Soeharto lebih condong ke barat.

Kunjungan ini memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang berkomitmen pada toleransi beragama dan stabilitas regional.

Kini, kunjungan Paus Fransiskus diharapkan membawa pesan perdamaian dan persatuan di tengah berbagai konflik global termasuk di Palestina.

Paus Fransiskus dan Indonesia sama-sama mendukung kemerdekaan Palestina sehingga kunjungan ini diharapkan bisa memperkuat pesan tersebut.

Selain itu di tengah meningkatnya intoleransi dan ekstremisme, kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat dialog antar agama dan mempromosikan kerukunan. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral