Camat Wadaslintang Angkat Bicara soal pembongkaran 78 Makam Keramat Palsu

Rabu, 4 September 2024 - 14:12 WIB

Wonosobo, tvOnenews.com - Viral di media sosial, 78 makam yang berada di Desa Ngalian, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah dibongkar paksa oleh warga.  

Pembongkaran tersebut dilakukan oleh warga karena dianggap sebagai makam ulama dan wali fiktif atau palsu. 

Terdapat sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan detik-detik saat warga Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah bersama para tokoh masyarakat membongkar makam ulama dan wali yang diduga fiktif atau palsu. 

Terkait hal tersebut, Ardian Indra Saputra selaku Camat Wadaslintang pun angkat bicara. Pihaknya menyatakan sudah melakukan pembongkaran lantaran banyaknya laporan dari warga sekitar bahwa ke-78 makam ulama dan wali yang berada dalam satu komplek tersebut palsu dan tidak dapat dibuktikan keabsahannya dan pembuktiannya secara ilmiah. 

Tim pembongkar makam pun melakukan serangkaian penelusuran fakta-fakta yang ada, namun tim tidak menemukan bukti pendukung bahwa dalam wilayah tersebut pernah tinggal atau dijadikan sebagai makam ulama. 

Menurut keterangan salah satu tim pembokar makam, awalnya makam tersebut merupakan sebuah lahan kosong milik desa. 

Namun, pada tahun 2022 lalu tersebar luas informasi bahwa makam tersebut menjadi tempat beberapa tokoh masyarakat untuk melakukan kegiatan pendekatan spiritual tanpa didukung oleh kajian ilmiah dan bukti kesejarahan yang ada di sekitar lokasi. 

Warga bersama Koramil setempat serta tim penelusuran makam pun akhirnya menyatakan bahwa 78 nisan yang berada di komplek pemakaman diakui sebagai makam palsu dna lokasi tersebut pun dihancurkan dan ditutup agar masyarakat tidak kembali datang ke makam palsu tersebut untuk berziarah.  (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral