Cerita Lengkap Imam Besar Masjid Istiqlal saat Bertemu Paus Fransiskus

Jumat, 6 September 2024 - 15:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia mempunyai beragam kegiatan, salah satunya datang ke Masjid Istiqlal. 

Masjid Istiqlal mendapatkan kehormatan dari Paus Fransiskus Kepala Gereja Katolik Dunia dan Penguasa Negara Kota Vatikan. 

Dalam momen tersebut, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A menyampaikan selamat datang kepada Paus Fransiskus di Indonesia, khususnya di Rumah Besar umat Islam Masjid Istiqlal. 

Selain itu, terdapat momen keharmonisan yang terjalin antara Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Paus Fransiskus yang dinilai tidak dibuat-buat. 

Hal ini bisa terlihat saat Nasaruddin Umar yang Menyambut dengan hangat kedatangan Paus Fransiskus yang tengah melakukan perjalanan apostoliknya ke Indonesia.  

Seperti yang diketahui sebelumnya, terdapat sebuah momen yang memperlihatkan Imam Besar Masjid Istiqlal mencium kening, memeluk dan berjabat tangan dengan hangat dan erat Paus Fransiskus. 

Sikap hangat itu pun tentu dibalas oleh Paus Fransiskus kepada Nasaruddin Umar dengan mencium tangan dan membalas pelukan, jabatan tangannya dengan hangat dan erat.     

Dengan adanya momen keduanya terlihat hangat, hal itu sangat menggambarkan ketulusan dan perdamaian dengan penuh kasih sayang yang tidak dibuat-buat dan murni adanya.

Sementara itu, kunjungan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal dihadiri Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-dunia; Menteri Pertahanan, Presiden Terpilih RI, Menteri Agama RI (Wakil Menteri Agama), Menteri Keuangan RI, Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Menteri Investasi RI, Bapak Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI 2004-2009 dan 2014-2019, Professor Doktor M. Quraish Shihab (Ketua Majelis Hukama al-Muslimin Indonesia), Ketua Majelis-majelis Agama dan Kepercayaan se-Indonesia.

Lebih lanjut Nasaruddin, bertugas sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal menjelaskan bukan hanya rumah ibadah bagi umat Islam, tetapi juga rumah besar bagi kemanusiaan. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral