Paus Fransskus Ungkap Kekagumannya Terhadap Bhineka Tunggal Ika di Indonesia

Jumat, 6 September 2024 - 16:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Paus Fransiskus mengungkapkan kekagumannya atas semboyan Bhineka Tunggal Ika milik Indonesia. 

Makna berbeda-beda tetapi tetap satu jua dalam Bhineka Tunggal Ika membuat Paus Fransiskus terkagum-kagum.

Hal itu disampaikan Paus Fransiskus dalam acara pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat di Istana Negara Jakarta, Rabu (4/9/2024).

"Semboyan negara Anda, Bhinneka Tunggal Ika, bersatu dalam keberagaman, secara harfiah berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua, mengungkapkan realitas beraneka sisi dari berbagai orang yang disatukan dengan teguh dalam satu bangsa," kata Paus Fransiskus.

Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia ini juga menyoroti keanekaragaman hayatai di Indonesia yang begitu indah dan sumber kekayaan.

Ia juga menggambarkan perbedaan-perbedaan di Indonesia sebagai mosaik yang sangat besar. 

Masing-masing mosaik tersebut merupakan unsur yang tak tergantikan dalam menciptakan karya besar yang autentik dan berharga.

"Kerukunan di dalam perbedaan dicapai ketika perspektif-perspektif tertentu mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan bersama dari semua orang," ujar dia. 

Paus menuturkan, bahwa keseimbangan berbagai macam kemajemukan dalam budaya yang besar seperti Indonesia harus terus dibela.

Di Indonesia juga terdapat berbagai cita-cita yang berbeda. Menurut Paus, perbedaan itu harus dibela dari berbagai ketimpangan yang terjadi.

Hal tersebut menurutnya menjadi tugas semua orang, terutama mereka yang terlibat dalam kehidupan politik, yang harus memperjuangkan kerukunan, persamaan, rasa hormat atas hak-hak dasar manusia, pembangunan berkelanjutan, solidaritas dan upaya mencapai perdamaian, baik di dalam masyarakat maupun dengan bangsa-bangsa serta negara-negara lain. (iwh/ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral