Kritik Nadiem, JK Berharap Mendikbudristek Baru Miliki Latar Belakang Dunia

Senin, 9 September 2024 - 09:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla menyampaikan kritiknya kepada Mendikbud Nadiem Makarim dalam acara diskusi yang digelar Komisi X DPR RI.

Kritikan itu disampaikan saat JK menjadi pembicara diskusi bertema pendidikan disiarkan di kanal YouTube TV Parlemen, dilihat Senin (9/9/2024). Mulanya, JK mengulas tokoh-tokoh pendidikan di RI.

"Ada orang, the man behind the gun. Kalau perusahaan, CEO. Dari daftar, siapa menteri pendidikan selama ini. Pak Ki Hajar Dewantoro, orang hebat, mendirikan taman siswa. Itu cikal bakal dari prinsip pendidikan kita. Ada Pak Soemantri, ada Syarif Thayeb, Daoed Joesoef, Fuad, semua orang hebat di bidang pendidikan," ujar JK.

JK menyebutkan tokoh-tokoh itu memiliki latar belakang kuat di bidang pendidikan. Dia juga mengulas menteri pendidikan terakhir sebelum Nadiem, Anies Baswedan.

"Ada Pak Juwono, Abdul Malik Fadjar, semua ahli-ahli pendidikan. Ada Muhadjir, ada Pak Nuh Rektor ITS, ada Anies Rektor Universitas Paramadina," katanya.

JK menyebut, kinerja Nadiem sebagai menteri pendidikan tidak pernah datang ke daerah dan jarang berkantor. 

Padahal menurut JK, kementerian yang dipimpin oleh Nadiem ini memiliki cakupan yang luas.

Tak hanya tentang pendidikan, tapi juga perihal kebudayaan, riset, dan teknologi. Karena itu, JK menilai perlu sosok yang berkompeten untuk mengisi pos tersebut.

Dia mengatakan, jika menteri pendidikan tak benar-benar paham dengan bidangnya, maka berapapun anggaran yang dipunya tak berarti. 

Maka, menurut JK, untuk memperbaiki kualitas pendidikan bukan hanya memperbaiki anggarannya, tapi juga pemimpinnya. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
10:23
01:17
01:32
01:35
01:32
Viral