Mengenal Susu Ikan, Alternatif Pengganti Susu Sapi di Program Makan Gratis Prabowo-Gibran

Selasa, 10 September 2024 - 13:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Raka disebut akan menggunakan susu ikan sebagai alternatif pengganti susu sapi untuk program makan bergizi gratis dan susu gratis.

Susu ikan merupakan produk hasil inovasi anak bangsa yang pertama kali diluncurkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun lalu.

Pasalnya stok susu sapi di Indonesia disebut tak mampu memenuhi kebutuhan program makan bergizi gratis dan susu gratis yang akan menyasar 82,9 juta orang meliputi anak sekolah dan ibu hamil.

Lantas apa itu susu ikan? Produk susu ikan pertama kali diluncurkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun lalu.

Produk tersebut berbahan baku ikan yang diolah dengan teknologi modern hingga menghasilkan hidrolisat protein ikan untuk kemudian menjadi bahan baku utama susu ikan.

Susu ikan ini bisa menjadi alternatif minuman sehat yang tinggi gizi dan bebas alergen serta cocok dikonsumsi untuk semua usia.

Sementara itu, soal kandungan lemak dalam susu ikan ternyata mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak. 

Susu ikan juga bisa menjadi sumber vitamin A dan D, terutama jika berasal dari ikan berlemak seperti salmon. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:53
05:18
01:01
10:23
01:17
01:32
Viral