Tim Arkeolog Temukan Puluhan Fosil Hewan Purba yang Diperkirakan Berusia Ratusan Tahun di Nganjuk

Senin, 23 September 2024 - 09:43 WIB

Nganjuk, tvOnenews.com - Fosil puluhan binatang purba ditemukan di hutan tritik lereng gunung Kendeng Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sebanyak 22 jenis binatang purba yang diperkirakan usianya 800 hingga 900 tahun yang lalu.

Penemuan luar biasa terjadi di kawasan Hutan Tritik, Gunung Kendeng, Nanjuk, Jawa Timur.

Tim arkeolog Museum Sangiran bersama Dinas Pariwisata dan warga setempat menemukan fosil pulauan hewan purba yang diperkirakan berusia 800 hingga 900 tahun silam.

Fosil-fosil tersebut ditemukan dalam kondisi yang cukup baik di area yang sebelumnya tidak pernah dijamah oleh aktivitas manusia.

Di antara fosil tersebut terdapat kerangka hewan purba seperti banteng purba, gajah purba, badak purba, harimau, kancil, dan beberapa jenis hewan purba lainnya.

Beberapa fosil yang ditemukan juga mengindikasikan keberadaan hewan laut menandakan bahwa kawasan ini dulunya mungkin merupakan wilayah perairan atau pesisir.

Setelah dilakukan proses konservasi dan rekonstruksi fosil-fosil ini akan diekskavasi lebih lanjut dan dibawa ke museum untuk dipelajari dan dilestarikan.

Kawasan ini diharapkan tidak hanya menjadi pusat penelitian arkeolog, tetapi juga menjadi warisan bagi generasi mendatang untuk menjaga dan menghargai kekayaan alam di sekitar Kabupaten Nganjuk. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:42
04:15
00:55
01:03
01:44
Viral