Lewat Jalur Darat, 20-25 WNI Dievakuasi Dari Lebanon

Jumat, 4 Oktober 2024 - 08:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri menyatakan sekitar 20 Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari Lebanon.

Adapun  evakuasi ini dilakukan melalui jalur darat ke Damaskus, Suriah, sebelum diterbangkan ke Indonesia. 

Namun ia menjelaskan, sejumlah WNI memilih untuk tetap tinggal di Lebanon lantaran terdapat saudara atau keluarga yang tetap tinggal disana. 

Retno belum bisa memastikan kapan para WNI tersebut diterbangkan ke Indonesia karena saat ini jalur penerbangan di sejumlah negara Timur Tengah menerapkan sistem buka-tutup. 

Ia juga memastikan bahwa pemerintah akan segera memulangkan mereka setelah kondisinya memungkinkan. Kementerian Luar Negeri RI juga akan terus memantau perkembangannya.

Adapun Presiden Joko Widodo meminta untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Lebanon. 

Sebelumnya diketahui, Israel pada Selasa (1/10) pagi melancarkan serangan darat ke Lebanon setelah menyerang dari udara sejak 23 September. Serangan-serangan itu telah menewaskan sekitar 1.000 orang dan melukai lebih dari 2.700 orang lainnya.

Pada hari yang sama, Iran meluncurkan ratusan rudal balistik ke Israel sebagai balasan atas kematian sejumlah pemimpin kelompok Hizbullah oleh serangan Israel. Simak video berikut, untuk mengetahui selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:22
02:43
04:03
04:49
01:37
01:36
Viral