Solidaritas Hakim Indonesia Temui DPR RI

Selasa, 8 Oktober 2024 - 11:35 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) menemui sejumlah pimpinan DPR RI di Gedung MPR DPR RI terkait aspirasi mereka memperjuangkan peningkatan kesejahteraan hakim. 

Pertemuan berlangsung di Gedung Komisi III DPR RI untuk menindaklanjuti aksi cuti massal Hakim Seluruh Indonesia (HSI) untuk memprotes kebijakan gaji yang belum pernah naik selama belasan tahun. 

Perwakilan Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, rapat dengan perwakilan para hakim ini dipimpin langsung oleh pimpinan DPR. 

Dasco berjanji, kesejahteraan para hakim telah menjadi perhatian Komisi III DPR RI dan diharapkan bisa segera menemukan titik terang dari permasalahan ini. 

DPR juga berharap, para hakim bisa menyelesaikan aksi mogok sidangnya dan dapat meningkatkan kualitas kedepannya. 

Juru bicara Solidaritas Hakim Indonesia (SHI), Fauzan Arrasyid mengatakan bahwa pihaknya kembali melakukan audiensi. Kali ini bersama DPR RI, pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Sementara itu Fauzan menerangkan bahwa audiensi bersama DPR besok, pihaknya tetap membawa empat tuntutan. Yang pertama adalah meminta pimpinan Mahkamah Agung untuk mendorong perubahan Peraturan Pemerintah No 94 tahun 2012.

Kemudian yang kedua adalah memperjuangan hak-hak para hakim yang berada di daerah. Karena yang paling berdampak dalam hal ini adalah hakim yang berada di tingkat kelas 2.

Selanjutnya Fauzan bersama pihaknya juga akan membawa tuntutan untuk mendorong Rancangan Undang-Undang Jabatan Hakim didiskusikan.

Selain itu tuntutan yang terakhir adalah pihaknya akan mendorong DPR agar dibentuk RUU content of court karena adanya intervensi, pelecehan yang terjadi di lingkungan persidangan, dilingkungan maupun diluar gedung pengadilan. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
20:23
01:09
04:03
08:05
04:45
01:09
Viral