Profil Prabowo Subianto, Dilantik jadi Presiden RI Hari Ini Gantikan Jokowi

Minggu, 20 Oktober 2024 - 08:16 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Prabowo Subianto lahir di Jakarta dengan nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo pada 17 Oktober 1951. 

Sosok putra ketiga dari pasangan Sumitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar dikenal memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Prabowo mengenyam pendidikan di sejumlah negara. Menyelesaikan pendidikan menengahnya di Victoria institution di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kemudian melanjutkan studi di Zurich International School di Swiss serta The American School di London Inggris pada tahun 1969.

Prabowo pun melanjutkan pendidikan ke Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) di Magelang, Jawa Tengah.

Lulus dengan menyandang gelar Letnan II, Prabowo mengawali karir militer dengan bergabung ke Komando Pasukan sandi Yudha Kopasanda, pasukan elit Angkatan Darat yang merupakan Cikal bakal Kopassus.

Usai bertugas di pasukan operasi tim Manggala di Timor Timur pada tahun 1983, Prabowo didaulat menjadi Wakil Komandan Kesatuan Anti-teror Detasemen 81 Kopasanda.

Kala itu Prabowo berada di bawah kepemimpinan Luhut Binsar Panjaitan.

Kiprah militer Prabowo kian moncer di tahun 1996 Prabowo yang menyandang gelar Mayor Jenderal diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus dan di tahun 1998 Prabowo menduduki puncak karirnya di militer sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Usai mengakhiri karir militer Prabowo menetap di Yordania dan sejumlah negara di Eropa.

Sekembalinya ke Indonesia Prabowo mengembangkan sejumlah usaha yang bergerak di bidang perkebunan, tambang, kelapa sawit, hingga batu bara.

Sukses sebagai pengusaha Prabowo terjun ke politik dengan bergabung ke partai berlambang beringin.

Kala itu karir politik Prabowo tak semoncer karirnya di bidang militer.

Beberapa kali maju sebagai presiden dan wakil presiden namun gagal. 

Prabowo yang memiliki jiwa pantang menyerah kembali mencoba beruntungnya di pemilu 2024 berpasangan dengan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Dengan perolehan suara sebesar 96.214.691 suara atau 58,6% pasangan Prabowo-Gibran berhasil mengalahkan dua kandidat lainnya yakni pasangan Anis-Muhaimin dengan 40 juta suara dan pasangan Ganjar-Mahfud sebanyak 27 Juta. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:17
00:55
03:29
12:48
02:03
04:34
Viral