Warga Pelalawan Digegerkan oleh Penemuan Jasad Pria yang Diduga Diterkam Harimau Sumatera

Senin, 7 Februari 2022 - 09:34 WIB

Pelalawan, Riau - Episode konflik antara harimau sumatra dengan manusia kembali terjadi. Kali ini di Kabupaten Pelalawan, Riau seorang penebang kayu ditemukan tewas akibat diterkam si raja rimba. Banyaknya perusahaan perkebunan membuat harimau sumatra kehilangan wilayah jelajahnya.

Jenazah seorang pria ditemukan dalam kondisi mengenaskan dalam hutan di wilayah Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Luka-luka di tubuh korban menunjukkan jejak khas serangan harimau sumatra. Kuat dugaan pria tersebut meninggal dunia setelah diterkam oleh harimau.

Menurut warga pria tersebut terakhir kali terlihat di dalam hutan untuk menebang kayu. Warga yakin ia diterkam oleh harimau yang belakangan kerap muncul di perkampungan mereka.

Laporan terjadinya konflik antara satwa liar dengan manusia telah diterima Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA Provinsi Riau. Menurut petugas, konflik terjadi di dalam wilayah hutan yang memang menjadi habitat dari harimau sumatra.

Banyaknya perusahaan yang mendapat izin membuka hutan untuk dijadikan perkebunan membuat harimau sumatra kehilangan wilayah jelajahnya.

Untuk saat ini BBKSDA Riau telah menerjunkan tim untuk mengantisipasi berulangnya konflik satwa dengan manusia. Di wilayah yang memang menjadi kantong habitat harimau sumatra di Riau, petugas juga memasang kamera pemantau serta meminta masyarakat tidak mengganggu harimau sumatra yang populasinya kian punah. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:58
00:42
02:45
00:54
07:31
11:58
Viral