PLTN Ukraina Dikuasai Rusia, Bencana Nuklir Mengintai Warga

Rabu, 9 Maret 2022 - 22:04 WIB

Pripyat, Ukraina - PLTN Chernobyl Ukraina mengalami pemadaman. Kejadian Ini menimbulkan kekhawatiran radiasi nuklir mengancam jika sistem pendingin dan PLTN tak bekerja karena pasokan tenaganya putus.

Sejak Rusia menguasai PLTN Chernobyl pada 24 Februari 2022 lalu seluruh mata tertuju pada pembangkit yang pernah mengakibatkan bencana nuklir pada 1986 itu. Kini kekhawatiran semakin membesar seiring konfirmasi pemadaman listrik di area PLTN tersebut.

Pemadaman listrik PLTN Chernobyl dilaporkan terjadi menjelang pukul setengah dua belas siang tadi waktu setempat. Operator Chernobyl menyatakan jika pasokan listrik terputus maka generator darurat akan beroperasi hanya selama 48 jam saja sejak PLTN padam.

Kondisi ini pun harus diperbaiki jika tidak ingin terjadi radiasi nuklir tetapi situasi perang saat ini membuat upaya perbaikan mustahil dilakukan. Menurut staf Chernobyl yang ditawan Rusia, operasi sistem otomatis kontrol radiasi di sana belum pulih karena listrik padam tetapi parameter-parameter keselamatan di Chernobyl dipastikan masih normal. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:09
03:18
02:21
03:11
02:06
Viral