Perundingan Gencatan Senjata, Pesawat Delegasi Ukraina dan Rusia Tiba di Turki

Rabu, 30 Maret 2022 - 10:41 WIB

Turki - Pesawat yang membawa delegasi dua negara Rusia dan Ukraina tiba di Istanbul, Turki jelang perundingan damai yang akan digelar di hari Selasa dan Rabu waktu Turki. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan Ukraina dapat menyatakan netralitas berpotensi menerima kompromi di wilayah yang diperebutkan di timur negara itu dan menawarkan jaminan keamanan kepada Rusia untuk mewujudkan perdamaian tanpa penundaan.

Dia mengatakan hanya pertemuan tatap muka dengan pemimpin Rusia yang bisa mengakhiri perang. Pejabat Ukraina pesimis akan tercipta terobosan dalam perundingan damai tersebut.

Turki dipilih sebagai tuan rumah perundingan karena negara anggota NATO tersebut memiliki hubungan dekat dengan Ukraina dan Rusia. Sementara itu, tuan rumah perundingan Presiden Turki, Erdogan menyerukan gencatan senjata di tengah negosiasi perdamaian Rusia dan Ukraina di Istanbul, Turki.

Pemilik klub sepakbola Chelsea sekaligus oligarki yang terkena sanksi Roman Abramovich hadir sebagai bagian dari delegasi Rusia. Erdogan menyatakan kemajuan negosiasi akan membuka jalan bagi kedua negara revolusi.

Sebelumnya, negosiasi Ukraina dan Rusia belarus gagal mencapai kesepakatan perdamaian. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan pihaknya siap mendeklarasikan sikap netralnya seperti yang dituntut Moskow dan terbuka tentang nasib donbass wilayah disengketakan di wilayah timur Ukraina. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:09
03:18
02:21
03:11
02:06
02:37
Viral