Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin IV dan Raihan Omar Hasani Daeng Mas Madinah saat diangkat sebagai putra mahkota..
Sumber :
  • Irwansyah

Raihan Omar Hasani Daeng Mas Madinah Resmi Dilantik Sebagai Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa

Rabu, 29 Mei 2024 - 20:01 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Dalam sebuah upacara sakral yang berlangsung di ruang Lunyuk Agung, Istana Dalam Loka, Kesultanan Sumbawa hari ini resmi mengangkat Raihan Omar Hasani Daeng Mas Madinah sebagai Datu Rajamuda, Rabu 29 Mei 2024. Prosesi adat ini menandai peristiwa bersejarah yang kembali diadakan setelah 126 tahun, sejak terakhir pada tahun 1898.

 

Upacara pengangkatan Datu Rajamuda merupakan bagian dari tradisi panjang Kesultanan Sumbawa yang bertujuan untuk menyiapkan calon penerus kepemimpinan. Tradisi ini dihidupkan kembali dengan tujuan utama untuk melestarikan adat dan budaya serta menjaga marwah Tau Ke Tana Samawa. 

 

“Pengangkatan Datu Rajamuda kini berfungsi untuk menjaga dan melestarikan adat, budaya, dan menjaga marwah Tau Ke Tana Samawa,” ujar Yuli Andari Merdikaningtyas, Sekretaris Majelis Adat LATS, Rabu (29/05/2024).

 

Upacara yang berlangsung hari ini terdiri dari beberapa rangkaian prosesi adat yang diawali dengan Sanapat Pelasan Kamutar, penyampaian Surat Keputusan (SK) penunjukkan Datu Rajamuda. Prosesi dilanjutkan dengan Satenri Manik, di mana Sultan Muhammad Kaharuddin IV memberikan amanah kepada Raihan Omar Hasani Daeng Mas Madinah untuk mengemban tanggung jawab sebagai putra mahkota. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral