Hari Raya Galungan.
Sumber :
  • tim tvone - aris wiyanto

Rayakan Galungan, Umat Hindu di Kota Denpasar Padati Pura Agung Jagadnatha

Rabu, 25 September 2024 - 15:53 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Seluruh umat Hindu di Pulau Bali, Rabu (25/9) merayakan Hari Raya Galungan, yang dimaknai sebagai kemenangan dharma atau kebaikan atas adharma atau kejahatan.

Di Hari Galungan ini seluruh jalanan di Bali dihiasi penjor, yakni hiasan bambu dan janur menjulang tinggi yang dipasang umat Hindu di depan rumah mereka. Pemasangan penjor juga dihiasi dengan aneka hasil bumi sebagai simbol rasa syukur kepada Hyang Widhi Wasa.

Umat Hindu Bali juga melaksanakan persembahyangan dengan mendatangi Pura bersama keluarga. Selain memasang penjor, umat Hindu Bali juga mendatangi pura untuk melakukan persembahyangan bersama.

Salah satu Pura yang ramai didatangi umat Hindu di Denpasar adalah Pura Agung Jagadnatha. Umat mengenakan pakaian adat serba putih. Ribuan pemedek atau umat, memadati Pura Jagadnatha untuk bersembahyang bersama keluarga mereka.

Sejak pagi pukul 07.00 Wita, pemedek mulai berdatangan dan semakin ramai hingga siang sampai sore hari.

Sambil membawa sesaji untuk persembahan, umat Hindu membakar dupa dan menghaturkan syukur ucapan terima kasih kepada Ida Hyang Widhi Wasa atas berkah, kesehatan dan keselamatan yang diberikan.

Menurut Pemimpin Pemangku Pura Agung Jagadnatha Denpasar, Ida Bagus Saskara, umat yang hadir di pagi hari mencapai 500 orang dan bisa mencapai 1000 orang bahkan lebih di sore hari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:34
07:08
02:04
19:18
06:15
Viral