Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI, Silmy Karim dan Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, saat Launching Autogate TPI Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, di Nusa Dua.
Sumber :
  • aris wiyanto

Dirjen Imigrasi Resmikan 90 Autogate di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Penumpang Butuh 25 Detik untuk Melintas 

Rabu, 2 Oktober 2024 - 16:07 WIB

Badung, tvOnenews.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Silmy Karim meresmikan pengoperasian 90 autogate di Terminal Kedatangan dan Keberangkatan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Selasa (1/9) sore.

Sebanyak 60 unit autogate dioperasikan pada terminal kedatangan dan 30 unit dioperasikan pada terminal keberangkatan. Autogate ini merupakan penambahan dari 30 unit autogate yang telah lebih dahulu dioperasikan pada Februari 2024 lalu.

“Sebagai salah pintu utama pariwisata Indonesia, rata-rata kedatangan internasional di TPI Bandara Ngurah Rai mencapai 18.000-21.000 orang per hari. Dengan adanya fasilitas autogate, proses pemeriksaan keimigrasian hanya membutuhkan waktu 15-25 detik per orang. Ini tentu menjadi terobosan yang baik untuk memperlancar lalu lintas pemeriksaan keimigrasian menjadi semakin efektif dan efisien," kata Silmy Karim selaku Direktur Jenderal Imigrasi.

Ia menerangkan, autogate dapat dipergunakan baik oleh Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) pemegang visa elektronik. Pemeriksaan keimigrasian menggunakan autogate menggabungkan teknologi pengenalan wajah atau face recognition, dan Border Control Management (BCM).

Kemudian, implementasi autogate mendukung ekosistem pelayanan keimigrasian bagi WNA yang terintegrasi dan seamless, mulai dari proses pengajuan visa secara online hingga alur pemeriksaan keimigrasian yang lebih nyaman.

Silmy menyebutkan, jumlah pengguna autogate terus mengalami peningkatan setiap bulannya. Terlebih setelah autogate bisa digunakan oleh anak usia usia enam tahun. Pada awal dioperasikannya autogate di terminal kedatangan pada bulan Februari, persentase pengguna autogate WNA masih sebesar 17 persen dan WNI sebesar 49 persen. 

Sementara, persentase tersebut terus meningkat setiap bulannya dan hingga saat ini atau di Bulan September 2024 pengguna autogate WNA sudah mencapai 67 persen dari total penumpang WNA dan WNI mencapai 62 persen dari total penumpang WNI.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:59
05:24
02:29
01:42
01:43
08:03
Viral