Petugas saat proses penyelamatan delapang orang penambang yang terjebang didalam tambang di Banyumas, Jawa Tengah.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Eko Hadi

Petugas Sulit Evakuasi Penambang yang Terjebak di Tambang Banyumas, Geografis Lubang Beda dengan Tambang Emas Pongkor

Jumat, 28 Juli 2023 - 18:50 WIB

Bogor, tvOnenews.com - Kondisi lubang Tambang Emas Rakyat Banyumas yang menyebabkan terjebaknya delapan orang penambang asal Bogor berbeda dengan tambang emas yang ada di Pongkor, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor.

"Jadi walaupun ini tingkat airnya yg sulit informasinya beda dengan dulu pengalaman kita di daerah Pongkor kan memang adanya di tebingan unsur airnya itu kan lebih terkendali. Kalo disana ya otomatis penyelamatannya harus kering dulu baru bisa masuk," kata Agus Suyatna, Kabid pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Jumat (28/07/23).

Menurut Agus, dari informasi personel di lapangan lubang sumur saat ini tergenang air. Sehingga yang dibutuhkan adalah cara mengeringkan air dengan menggunakan pompa dengan kekuatan besar.

"Informasi di lapangan sumurnya itu memang tergenang air, jadi yang dibutuhkan itu adalah kita bagaimana kita caranya mengeringkan lubang itu," terangnya.

Sementara, masih kata Agus BPBD Kabupaten Bogor hanya membantu karena lokasi kejadian ada di wilayah Banyumas dan kewenangan dari BPBD Kabupaten Banyumas dan Basarnas. Peralatan yang dibawa juga menyesuaikan dengan kebutuhan tim dari BPBD Kabupaten Bogor saat diberangkatkan.

"Kalau peralatan kita bawa standar rescue lah kalo dari peralatan tambang, pompa dan lain sebagainya kalo untuk secara teknis kita juga bawa di sana tapi kalau secara khusus kita koordinasi juga dengan pihak Basarnas yang disana," ulas Agus.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:42
02:42
01:34
00:56
02:26
00:41
Viral