Warga Ciamis bergiliran mengambil pasokan bantuan air bersih.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Aditya Tri Wahyudi

Krisis Air Bersih, Ratusan Warga di Ciamis Rela Antri Ambil Air Bersih

Kamis, 7 September 2023 - 16:00 WIB

Ciamis, tvOnenews.com - Kemarau panjang membuat sumur warga di 6 dusun di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengering. Akibatnya ratusan kepala keluarga kini kesulitan air bersih. Petugas gabungan dari Polres Ciamis, Kodim 0613, PDAM Tirta Galuh dan BPBD Ciamis Kamis (070/9/2023) siang mengirim 5 truk tangki berisi ribuan liter air bersih.

Warga rela antri menunggu kiriman air bersih dan berkumpul di halaman madrasah dusun setempat. Menghindari rebutan, petugas mengatur pengisian jerigen yang dibawa warga.

"Polres Ciamis bersama Kodim 0613, PDAM, BPBD dan Dinas Kesehatan mengirim 5 truk tangki air bersih untuk kebutuhan warga di Sesa Ciparay dan pengiriman air bersih ini akan dilakukan secara bertahap ke daerah yang kini kesulitan air bersih," ucap Kapolres Ciamis, AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro kepada awak media.

Warga mengaku sangat terbantu pengiriman air bersih ini mengingat seluruh sumur warga di 6 dusun sudah mengering. Beberapa waktu lalu sebagian warga terpaksa harus membeli air kemasan untuk memenuhi kebutuhan Mandi, Cuci Kakus (MCK) hingga memasak.

"Kami berharap pengiriman air bersih ini bisa rutin dilakukan karena kami di sini sudah sulit mendapatkan air bersih," ucap Camat Cidolog, Agus Yani.

Selain pengiriman air bersih, warga juga berharap Pemkab Ciamis bisa membangun sumur bor agar musim kemarau tahun depan warga tidak kembali memgalami krisis air.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral