Antisipasi MPOX RSHS Bandung siapkan bangsal khusus.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Cepi Kurnia

Antisipasi MPOX, RSHS Bandung Siapkan Ruangan Khusus Untuk Pasien Rujukan

Jumat, 6 September 2024 - 10:17 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyiapkan ruangan khusus bagi pasien-pasien rujukan yang terkena penyakit Mpox. Namun hingga Agustus tahun 2024, mereka belum menerima pasien yang terkonfirmasi positif Mpox.

"Kita memiliki ruangan Kemuning dan RIKK untuk pasien-pasien yang harus dirawat (Mpox). Kita ada lima ruangan," kata Prof Hendra Gunawan ahli dermatologi umum saat ditemui di RSHS Bandung, Kamis (05/09/2024).

Prof Hendra mengatakan ruangan khusus tersebut merupakan ruangan isolasi kubikal. Ruangan tersebut dilengkapi oleh peralatan penunjang yang memadai. Hingga 2024, ia mengaku RSHS Bandung belum menerima rujukan pasien kasus Mpox.

"Untuk tahun 2024 kita belum ada rujukan pasien atau pasien yang datang sendiri RS Hasan Sadikin," kata Prof Hendra.

Namun pada tahun 2023, ia menuturkan terdapat empat pasien yang diperiksa terkait kasus Mpox. Dua orang dinyatakan terkonfirmasi positif dan dua orang lainnya hanya mengalami cacar air atau penyakit kulit lainnya. 

"Kita duga sebagai suspek itu tahun kemarin ada empat, dua terkonfirmasi dan dua negatif," kata Hendra.

Hendra mengatakan dua orang yang terkonfirmasi positif Mpox sudah sembuh total pada tahun 2023 silam. Satu orang menjalani perawatan di RSHS Bandung sedangkan satu orang lainnya melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan secara ketat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral