Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Lima Ribu Calon Jemaah Haji Sudah Selesaikan Paspor di Kantor Imigrasi Semarang

Rabu, 3 Mei 2023 - 16:56 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Kantor Imigrasi Kelas I Semarang, Jawa Tengah sudah menyelesaikan lima ribu paspor bagi para haji yang akan melakukan keberangkatan di tahun 2023. Ribuan paspor yang sudah diterbitkan itu setelah adanya permohonan pengajuan sejak awal tahun 2023.

“Permohonan yang sudah kita selesaikan lebih kurang 5000 paspor dari tujuh wilayah kerja itu Kota Semarang, Kota Salatiga, ada Kudus, Grobogan, Kabupaten Semarang, Kendal dan Demak. Paling banyak dari Kota Semarang dan Kabupaten Semarang,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Semarang, Guntur Sahat Hamonangan saat ditemui awak media, Rabu (3/5/2023).

Dirinya menyebut tak ada persyaratan khusus bagi calon jemaah haji untuk mengajukan pembuatan paspor. Seluruh permohonan paspor haji kini sudah menjadi kewenangan Dirjen Imigrasi.

“Kemarin sudah ada edaran dari pak Dirjen bahwa tidak memintakan syarat tambahan rekomendasi dari Kemenag. Jadi memang sudah sesuai aturan kita hanya KTP, KK, Akta Lahir buku nikah dan sebagainya. Tapi intinya tiga itu KTP, KK, Akta Lahir,” terangnya.

Ia mengakui tak ada permohonan haji yang ditolak. Hanya saja untuk masyarakat yang hendak melakukan perjalanan umroh mengikuti pengajuan paspor umum.

“Karena pemohon umroh dan umum dianggap sama dengan kunjungan wisata,” katanya.

Disisi lain, pihaknya akan melakukan jemput bola bagi pemohon paspor untuk menghindari penumpukan di kantornya. Untuk pembuatan paspor haji kini juga sudah bisa dilakukan di kantor Kemenag di setiap wilayah.

“Kita jemput bola ke Kemenag setempat kita sudah koordinasi dengan teman-teman Kemenag dan Kemenag menyediakan tempat untuk kita melakukan proses pembuatan paspor di Kemenag setempat dipisahkan di tiap daerah,” imbuhnya. (dcz/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
10:55
08:49
03:37
02:07
02:11
Viral