Longsor yang menutup jalur rel di Karanggandul Banyumas. (KAI Daop 4)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Longsor Timbun Rel di Karanggandul Banyumas, KA Kamandaka dan KA Joglosemarkerto Dibatalkan

Senin, 4 Desember 2023 - 10:46 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Hujan deras di wilayah Banyumas, Jawa Tengah, mengakibatkan longsor jalur kereta petak jalan Karanggandul - Karangsari Kabupaten Banyumas, Senin (4/12/2023). Hal itu membuat perjalanan kereta api terganggu dan dilakukan rekayasa oleh PT KAI.

Manajemen perusahaan pengelola perjalanan kereta api tersebut, menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan kereta api pada  Imbas jalur KA terdampak longsor dikarenakan curah hujan tinggi.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan, pihaknya melakukan rekayasa pola operasi untuk KA Kamandaka dan KA Joglosemarkerto rute dari maupun ke Purwokerto untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan perjalanan KA.

"Di wilayah Daop 4 Semarang, saat ini KA yang terdampak yaitu KA Kamandaka dan KA Joglosemarkerto. Ada beberapa KA yang harus dibatalkan perjalanannya, dan beberapa KA juga dilakukan rekayasa pola operasi,” jelas Franoto Wibowo.

Ia merinci, KA yang dibatalkan perjalannya meliputi KA 158 Kamandaka relasi Cilacap - Semarang Tawang, yang harusnya berangkat dari Stasiun Cilacap pukul 05.00 WIB, dan KA 155 Kamandaka relasi Semarang Tawang - Bumiayu yang harusnya berangkat dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 09.22 WIB.

Selain itu Daop 4 Semarang juga melakukan pemangkasan relasi untuk KA 161 Joglosemarkerto yang seharusnya beroperasi dengan relasi Semarang Tawang - Tegal - Purwokerto, menjadi hanya sampai dengan Tegal saja.

Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan, bagi pelanggan yang terdampak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral