Warga membeli cabai pada operasi pasar di Semarang, Sabtu (9/12/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Harga Cabai Tembus Rp100 Ribu, Pemprov Jateng Operasi Pasar dengan Harga Rp69 Ribu

Sabtu, 9 Desember 2023 - 12:03 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Harga cabai sedang melambung tinggi saat ini. Dari pantauan di pasar, harga cabai menyentuh angka Rp90 ribu-Rp100 ribu, per kilogram.


Menyikapi hal itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pun menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga cabai di harga yang lebih murah, pada Sabtu (9/12/2023).

 

Pada operasi pasar di sejumlah pasar tradisional di Semarang tersebut, cabai dijual dengan harga jauh di bawah harga pasar. Yaitu antara Rp69 ribu hingga Rp78 ribu per kilogram. Jumlah cabai yang dijual dengan harga murah mencapai 1 ton. 

"Selisihnya lumayan. Saya berharap sih pemerintah dapat membantu menurunkan harga, karena kita kan terbentur harga cabai mahal," kata Abdul, konsumen di Pasar Karangayu.

Operasi pasar difasilitasi BUMD, Disperindag, Dishanpan dan Dinkop UKM. Antara lain di Pasar Karangayu, Peterongan, dan Gayamsari Kota Semarang mulai pukul 04.00 WIB pagi.

Kepala Biro Perekonomian Setda Jateng July Emmylia mengatakan, operasi pasar juga akan digelar seminggu ke depan, hingga harga cabai dapat diturunkan

Enmylia menambahkan, operasi pasar digelar untuk menekan harga cabai, supaya masyarakat tidak terbebani ekonomi biaya tinggi. Menurutnya, tren kenaikan harga cabai, antara lain disebabkan berkurangnya produksi, karena kemarau berkepanjangan akibat fenomena El-Nino.

"Operasi pasar kita adakan untuk memengaruhi psikologis pasar. Karena cabai sebenarnya tersedia, harganya pun standar. Namun karena masyarakat panik, dan ada beberapa orang tak bertanggungjawab yang mungkin diduga mempermainkan harga. Ini sebagai referensi harga dan ketersediaan barang," tegas Emmy. 

Ia menyebut, untuk operasi pasar cabai, Pemprov Jateng mengambil langsung dari petani-petani Wonosobo, Boyolali, dan Temanggung. Soal harga, pihaknya juga telah memberikan subsidi sebesar Rp10 ribu per kilogram. 

Tak hanya di Kota Semarang, terang Emmy, operasi pasar cabai juga telah dilaksanakan di beberapa kabupaten. Seperti Cilacap, Banyumas, Blora, dan Batang. (tjs/dan)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral