Brown Canyon di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Brown Canyon, Bekas Tambang Galian di Semarang yang Jadi Buruan Swafoto

Kamis, 6 Januari 2022 - 11:43 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Disebut Brown Canyon karena pemandangan di sini mirip dengan Grand Canyon Di Amerika sana. Bedanya, kalau Grand Canyon tebing batuannya terbentuk karena proses alam selama ribuan tahun, tapi kalau  Brown Canyon akibat gerusan buldoser dalam beberapa tahun saja.

Brown Canyon lokasinya ada di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sekitaran 30 menit kalau ditempuh dari pusat kota. Bisa naik motor, mobil, atau yang lagi trend itu naik sepeda.

Brown Canyon mulai dikenal sejak tahun 2000an, setelah ada foto yang tersebar lewat media cetak waktu itu. Lalu ada juga iklan sebuah produk yang memakai lokasi ini untuk lokasi syuting. 

Tempat ini kemudian semakin terkenal saat swafoto di medsos menjadi tren anak muda. Maka berbondong-bondonglah orang pada ke sana. Brown Canyon menjadi "wisata" baru. 

Yang menjadi ikon tempat ini adalah dua sisa galian batu yang dibiarkan tinggi menjulang seperti menara kembar. Menurut salah satu sopir truk yang biasa mengangkut galian tanah dan batu di tempat ini, bagian puncak itulah dulu adalah bagian tertinggi dari bukit di sekitarnya. Kemudian digerus pakai buldoser dari atas terus turun ke bawah selama bertahun-tahun dan menyisakan tebing batu menjulang tersebut.

"Bagian sini itu sebenarnya sisa galian. Karena penambangan batu dan tanah sudah bergeser ke timur dan selatan," kata sopir truk yang tak mau menyebutkan namanya.

Lepas dari kontroversi tambang galian, secara fotografis tempat ini memang seksi. Banyak fotografer menjadikan Brown Canyon sebagai latar belakang foto model maupun prewedding.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral