Kesibukan pengrajin pisau Tegal, Isa Herdiansyah (47) memenuhi pesanan pisau.
Sumber :
  • Tim tvOne - Mohammad Hamzah

Perajin Pisau di Tegal Banjir Pesanan Jelang Iduladha, Pesanan Pisau Naik 200 Persen

Selasa, 28 Mei 2024 - 11:57 WIB

Tegal, tvOnenews.com - Hari Raya iduladha menjadi berkah tersendiri bagi perajin pisau di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Permintaan pisau potong daging meningkat drastis, mayoritas pemesan berasal adalah takmir masjid dan juru sembelih untuk keperluan ibadah kurban.

Di kios yang berdiri didepan rumahnya inilah, Isa Herdiansyah (47) Pengrajin pisau Warga Desa Karanganyar, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sibuk memenuhi pesanan pisau. 

Mendekati hari raya, kini pesanan pisau naik hingga 200 Persen. Bahkan beberapa konsumen telah memesan jauh-jauh hari karena takut tak kebagian.

"Alhamdullilah setiap momen Iduladha seperti ini permintaan meningkat, bahkan dibanding hari biasa itu lebih dari dua kali lipat, Pesanan kami tidak hanya dari dalam kota saja, Juga luar provinsi seperti Kalimantan dan Papua," kata Isa Herdiansyah, Selasa (28/5/2023).

Isa Mengaku, mendekati Hari Raya Iduladha pesanan pisau yang masuk bisa mencapai 5 kodi atau 100 biji perminggu dibandingkan hari biasa yang hanya berkisar 2 kodi atau 40 biji perminggu. Harga pisau yang dijual pun variatif mulai dari Rp.50 ribu hingga Rp. 550 ribu.

Untuk bahan pisau sendiri bermacam - macam, mulai dari pir, bearing atau laher, dan dari baja modern seperti bohler dan Sleipner.

"Kalau produksi itu biasanya perminggu di hari biasa paling kita 2 kodi, kalau Iduladha kita bisa 3 sampai 5 kodi, bahkan 6 kodi," Terang Isa Herdiansyah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:56
02:26
00:41
01:23
00:56
01:52
Viral