Panitia kurban di Brebes, Jawa Tengah, sedang membungkus daging kurban dengan memggunakan daun jati..
Sumber :
  • Tim tvOne - Tri Handoko

Kurangi Sampah Plastik, Pembagian Daging Kurban di Brebes Gunakan Daun Jati

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:42 WIB

Brebes, tvOnenews.com - Perayaan Hari Raya Iduladha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Namun, yang unik dalam pembagian daging kurban ini, yang biasanya dibungkus menggunakan kantung plastik,  kali ini dikemas menggunakan daun jati.

Seperti halnya penyembelihan hewan kurban yang dilakukan seorang dermawan asal Desa Luwungrargi Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Ridhohul Khukam yang pada hari kurban ini bisa menyembelih hingga 15 ekor sapi, Senin (17/06/2024).

Menurut Ridho, pada perayaan Hari Raya Iduladha kali ini, ia berkurban 15 sapi yang dilakukan di sejumlah titik di beberapa pedukuhan di Desa Luwungrargi. Sementara untuk panitia yang dilibatkan adalah warga setempat.

Dia juga menambahkan, bahwa 15 ekor sapi yang disembelih sudah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Brebes, dan dinyatakan sehat layak untuk dikonsumsi.

"Kami sudah menyarankan kepada panitia yang terlibat untuk tidak menggunakan kantung plastik dalam membungkus daging kurban. Namun menggunakan daun jati," kata Ridho.

Tujuan penggunaan daun jati, ungkap Ridho untuk mengurangi sampah plastik. Apalagi sampah plastik selama ini menimbulkan berbagai permasalahan dalam kehidupan. Pemakaian sampah plastik yang berlebihan juga bisa menggangu kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan.

"Makanya pada momen pembagian daging kurban ini, kami mengkampanyekan tentang pengurangan penggunaan plastik," jelas Ridho.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:59
05:24
02:29
01:42
01:43
08:03
Viral