Gusti Bhre bertemu dengan wartawan di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu..
Sumber :
  • ANTARA/Aris Wasita

Soal Majunya Mangkunegara X pada Pilkada Surakarta, Sosiolog UNS Ingatkan Hal Ini

Selasa, 9 Juli 2024 - 20:35 WIB

Solo, tvOnenews.com - Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rezza Akbar, menyoroti isu majunya KGPAA Mangkunegara X atau Gusti Bhre pada Pilkada 2024 di Kota Surakarta, November mendatang.

"Sebetulnya peristiwa ini menjadi hal yang biasa ketika seorang figur dicalonkan atau maju dalam pesta demokrasi," kata Rezza Akbar di Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/7/2024).

Meski demikian, menurut Rezza, akan ada pekerjaan rumah bagi Gusti Bhre jika benar maju menjadi calon Wali Kota Surakarta.

Rezza menganalisa kemungkinan efek domino yang nantinya berimbas kepada Pura Mangkunegaran, yakni masuknya politik eksternal ke dalam lingkungan Mangkunegaran yang berpotensi menimbulkan kericuhan.

Menurut dia, sebagai penguasa Pura Mangkunegaran maka Gusti Bhre harus memikirkan berbagai risiko yang bisa saja terjadi ke depan. Dalam hal ini, dikatakannya, keutuhan Mangkunegaran harus menjadi perhatian utama.

"Kekhawatiran karena apa yang terjadi pada Keraton Surakarta menjadi pelajaran semua keraton-keraton di Jawa. Pada akhirnya kekisruhan internal akan sangat mungkin terjadi ketika masuknya politik eksternal ke dalam lingkungan keraton," tuturnya.

Sebelumnya, Gusti Bhre menempati posisi pertama pada survei Pilkada Surakarta 2024 yang diselenggarakan oleh Jejaring Analiytics, Research and Communication Consulting (Jarcomm).

Manajer Eksekutif Jarcomm Yuhan Perdana mengatakan pada survei elektabilitas Calon Wali Kota Surakarta menjelang lima bulan pelaksanaan pilkada tersebut, Gusti Bhre menduduki posisi teratas dengan perolehan 31,8 persen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral