SDN 1 Kawedusan, Kebumen hanya memiliki dua siswa baru pasca PPDB, Jumat (26/7/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Potret Sekolah Dasar Negeri di Kebumen, Terancam Tutup Karena Hanya Memiliki Dua Siswa Baru

Jumat, 26 Juli 2024 - 15:36 WIB

Kebumen, tvOnenews.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah negeri, kini terlihat lengang. Kurangnya siswa baru yang mendaftar menjadi kenyataan pahit yang dihadapi sekolah.

Seperti yang terlihat di SDN 1 Kawedusan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Usai masa PPDB selesai, hanya ada dua siswa baru yang mendaftar.

Berbagai upaya telah dilakukan pihak sekolah untuk menarik minat bagi para calon siswa baru, namun tetap saja sepi peminat. Untuk jumlah keseluruhan siswa di SDN 1 Kawedusan berjumlah 41. 

"Usai PPDB sekolah kami hanya menerima dua siswa baru. Dari kelas 1-6 jumlahnya 41 siswa. Terbanyak ada di kelas 5 dengan jumlah 12 siswa," ucap Rokhimah salah satu guru di SDN 1 Kawedusan, Jumat (26/7/2024). 

Jumlah siswa yang sedikit ini lantas tidak menyurutkan semangat para guru untuk meneruskan proses belajar mengajar para siswa di sekolah. Para siswa pun terlihat sangat seneng mengikuti kegiatan belajar.

Menurut Rokhimah, dirinya dan para guru tetap semangat dan ikhlas membimbing dan mendidik anak-anak belajar. Diakuinya oleh Rokhimah dari tahun ke tahun jumlah siswa di SDN 1 Kawedusan mengalami penurunan.

"Meski jumlah siswa dari tahun ke tahun berkurang, kami para guru selalu ikhlas dan semangat dalam mendidik anak-anak mas. Siswa sedikit diakui mudah dalam membimbing, namun kekurangannya tidak ada persaingan atau kompetisi," lanjut Rokhimah menjelaskan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral