Aksi penyelamatan pemuda terjebak di delta sungai..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Upaya Penyelamatan Pemuda Terjebak di Delta Sungai Banyumas yang Meluap Berlangsung Dramatis

Senin, 9 September 2024 - 09:29 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Aksi penyelamatan seorang pemuda terjebak di delta sungai di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berlangsung dramatis. Pemuda terjebak di 'pulau' sungai setelah arus meluap karena hujan deras, Minggu (8/9/2024) malam.

Survivor adalah Agus Nurdias (29) warga Desa Banjaranyar, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Saat itu, Agus tak bisa menyeberang dari delta sungai karena arus meluap dan cuaca hujan deras.

Kantor Basarnas Cilacap awalnya menerima laporan kondisi membahayakan di delta Sungai Kawung, Desa Banjaranyar, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Basrnas lalu mengirimkan dua tim rescuer.

"Setibanya di lokasi, tim kemudian melakukan asessment serta penyiapan peralatan," ujar Kepala Kantor SAR Cilacap, M Abdullah.

Metode penyelamatan yang digunakan adalah rope access. Menggunakan teknik tyrolean dari bantaran sungai menuju survivor di delta. 

Proses evakasi survivor berlangsung menegangkan. Arus deras dan kontur sungai membuat proses penyelamatan berisiko. Namun, sejam kemudian Agus bisa dievakuasi ke tepi sungai dalam kondisi aman dan selamat.

Kejadian bermula saat sore harinya, Agus hendak pergi ke sawah. Saat hendak kembali, cuaca hujan deras.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:23
01:17
01:35
01:32
01:25
03:14
Viral