Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Ulul Asm (kiri)..
Sumber :
  • ANTARA

Dampak Kemarau Meluas di Kabupaten Batang, Delapan Desa Dilanda Krisis Air Bersih

Rabu, 18 September 2024 - 16:45 WIB

Batang, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah, menyebutkan dampak musim kemarau yang menimbulkan kekeringan semakin meluas hingga di delapan desa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang Ulul Asmi mengatakan, berdasarkan catatan, warga yang berada di delapan desa telah mengajukan permintaan bantuan distribusi air bersih.

"Hingga 17 September 2024 kami telah mendistribusikan air bersih di tujuh desa, sedang satu desa lainnya masih menunggu jatah distribusi air bersih," kata Ulul Asmi.

Semula, kata dia, ada lima desa yang mengalami kesulitan air bersih akibat dampak kemarau dan kini bertambah menjadi delapan desa.

Adapun delapan desa yang mengalami krisis air bersih tersebut yaitu Desa Amongrogo di Kecamatan Limpung, Kelurahan Proyonanggan Selatan dan Desa Rowobelang di Kecamatan Batang, Desa Kemligi di Kecamatan Wonotunggal,

Kemudian Desa Candi di Kecamatan Bandar, Desa Tragung di Kecamatan Kandeman, Desa Lebo di Kecamatan Warungasem, dan Desa Sengon di Kecamatan Subah.

Menurut Asmi, kondisi kekeringan ini mengakibatkan sekitar 2.174 jiwa di delapan desa kesulitan air bersih.

"Kami telah mendistribusikan 25 tangki air atau sekitar 125 ribu liter air bersih ke desa-desa terdampak krisis air bersih," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral