Pakar geologi Unsoed Purwokerto, Sachrul Iswahyudi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Insiden Gas Beracun Dieng Perlu Mitigasi, Salah Satunya Tumpang Sari

Rabu, 16 Maret 2022 - 08:34 WIB

Purwokerto, Jawa Tengah - Insiden kebocoran gas di sumur bor Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng, di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah,  Sabtu (12/3/2022) mendapat perhatian pakar geologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Sachrul Iswahyudi.

Sachrul menyebut, perlu adanya mitigasi massif, termasuk pola tanam lahan pertanian masyarakat di sekitar lokasi rawan bencana gas.

Dalam keterangan tertulis yang diterima tvonenews, Rabu (16/3/2022), dia menyebut kondisi di banyak lapangan panas bumi memang demikian. Banyak mengandung gas-gas yang bersifat racun jika melebihi ambang batas yang bisa ditoleransi tubuh manusia, 

"Seperti gas CO CO2, H2S, SO2 dan lain lain. Konsentrasi gas-gas beracun yang tinggi di Dieng mengingatkan akan Tragedi Sinila pada 1979 yang merenggut 149 korban jiwa akibat terpapar gas beracun melebihi ambang," ujar dosen Jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed itu.

Gas-gas beracun tidak saja keluar pada sumur-sumur panasbumi, tapi juga bisa terjadi di kawah-kawah yang banyak terdapat di Dieng. 

Upaya mitigasi harus terus-menerus, lebih masif dan lebih luas di lokasi Dieng. Tujuannya untuk mengurangi kerugian atau resiko kemungkinan bencana alam yang timbul di masa datang, mengingat kondisi lokasi Dieng yang dinamis, padat penduduk, sentra produksi pertanian kentang, dan destinasi wisata ramai pengunjung.

"Upaya mitigasi yang akan dilakukan tergantung kondisi lokal setempat yang ada. Setiap lapangan panas bumi sendiri memiliki karakter atau keunikan tersendiri yang berbeda dengan karakter lapangan panas bumi lain. Keunikan tersebut bukan saja dari sisi teknis tapi juga dari sisi sosial budaya masyarakat setempat," ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral