Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati meninjau pabrik Herbel di Sambung Macan Sragen..
Sumber :
  • Tim tvOne - Efendi Rois

Bupati Sragen Curhat ke Ganjar Pranowo Soal Lahan Sawah Dilindungi

Rabu, 30 Maret 2022 - 20:40 WIB

Sragen, Jawa Tengah -Peresmian pabrik Herbel di Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah, diwarnai curhatan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022). 

Pemkab Sragen yang telah mengeluarkan Perda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) 2020, tiba-tiba muncul kebijakan Lahan Sawah Dilindungi (LSD) yang dikeluarkan Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). dengan selisih 10 Ribu Hektar. 

Bupati Yuni, mengatakan kebijakan itu menyebabkan rencana investasi yang telah disusun Pemkab Sragen jadi terhalang. Karena lahan yang sudah disediakan untuk investasi masuk ke dalam LSD yang tidak boleh digunakan untuk pembangunan.

"Untuk Gubernur curhat, kami sudah menyertakan Perda RTRW 2020, ujug-ujug (tiba-tiba)ada LSD, selisihnya ada 10 ribu hektare," kata Bupati Yuni dalam sambutannya di peresmian pabrik Herbel, di Sambung Macan. 

Yuni, meminta ada review ulang karena menurutnya hasil pemetaan LSD tidak sesuai dengan kondisi lapangan. Sehingga telah diajukan protes, ke Dirjen, menteri, hingga presiden, dengan berkirim surat namun belum ada respon. 

Dari verifikasi beberapa proyek, ada beberapa investasi yang terbentur LSD, ada sekitar 9.000 hektare, yang semuanya merupakan lahan sawah. 

"Karena LSD, berarti zona industri di Gondang dan Sambungmacan tidak boleh dibangun karena ke sawah," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral