Tumpukan sampah yang menyumbat aliran air sungai Piji, Kudus, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Curah Hujan Tinggi, Tumpukan Sampah Menggunung di Sungai Piji Kudus

Rabu, 6 April 2022 - 15:53 WIB

Kudus, Jawa tengah - Tumpukan sampah menggunung di Sungai Piji, Desa Kesambi Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sampah tersebut terbawa arus dan menumpuk di jembatan. Jika dibiarkan akan menyumbat aliran sungai sehingga berpotensi menimbulkan banjir.

Agar tumpukan sampah itu tidak menyumbat aliran Sungai Piji, warga setempat melakukan kerja bakti, Rabu (6/4/22). Mereka membersihkan sampah yang terdiri dari material berupa batang bambu, ranting pohon dan sampah rumah tangga.

“Tumpukan sampah itu merupakan kiriman dari wilayah hulu dan menyumbat di jembatan 1, 3, dan 4 desa Kesambi, kecamatan Mejobo. Akibat jembatan ada tiang penyangganya jadi sampah tersangkut disitu,” jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kudus, Munaji, dalam keterangannya kepada wartawan.

Jika dibiarkan menumpuk, dikhawatirkan akan terjadi banjir bandang atau tanggul jebol yang sering terjadi di wilayah tersebut, terutama saat curah hujan tinggi.

Warga berharap pemerintah setempat melalui dinas terkait segera turun tangan agar ada pembersihan tumpukan sampah tersebut. Sehingga aliran sungai yang diketahui sudah mengalami pendangkalan akibat sedimentasi bisa kembali normal.

Selain itu, warga juga berharap adanya penguatan tanggul dan renovasi jembatan agar tidak lagi menggunakan penyangga, karena saat arus deras, sampah yang terbawa air kerap tersangkut di penyangga atau tiang jembatan. (Galih Manunggal/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:56
02:26
00:41
01:23
00:56
01:52
Viral