Pacuan kuda tradisi masyarakat pesisir Kebumen kembali digelar pasca pandemi Covid-19, Jumat (6/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Covid-19 Mereda, Tradisi Pacuan Kuda di Pesisir Kebumen Kembali Digelar

Jumat, 6 Mei 2022 - 15:58 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Tradisi pacuan kuda masyarakat pesisir Kebumen yang diselenggarakan rutin setiap bulan syawal selama satu minggu di libur Lebaran kembali digelar. Tradisi yang sudah berlangsung sejak 1956 ini sempat ditiadakan selama dua tahun karena pandemi Covid-19. 

Pembukaan dilaksanakan pada, Kamis (5/5/2022) siang, oleh Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, di Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, kembali digelar. 

Setiap tahunnya, tradisi pacuan kuda ini tidak pernah sepi penonton. Tak terkecuali pada Lebaran kali ini. Ribuan penonton, berduyun-duyun untuk menyaksikan balapan kuda tersebut. Hebatnya, yang datang bukan hanya dari warga sekitar. 

Tetapi, banyak yang berasal dari luar daerah, seperti Purworejo, Yogyakarta, Cilacap, serta dari sejumlah provinsi lain seperti Jawa Barat, Jawa Timur hingga Bali. 

Lomba pacuan kuda Ambal dipusatkan di lapangan Tegalrejo, Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal. Peserta yang mengikutinya pun dari sejumlah wilayah di Indonesia. 

Lomba pacuan kuda yang diselenggarakan oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Cabang Kabupaten Kebumen ini berlangsung mulai 5 Mei hingga 8 Mei 2022 mendatang. 

Ketua Panitia Lomba Pacuan Kuda Ambal, Setiyo Mujiono, mengatakan lomba pacuan kuda kali ini diikuti 137 ekor kuda. Adapun kelas yang dilombakan diantaranya Kelas A Sprint, Kelas Terbuka 2000, Kelas B, Kelas C Panjang dan Kelas C Sprint. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:34
07:08
02:04
19:18
06:15
Viral