peternakan kambing etawa di Lereng Raung.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Melirik Peternakan Kambing Etawa di Lereng Raung, Banyuwangi, Tren Wisata Edukasi

Senin, 27 Februari 2023 - 13:35 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Berada di lereng Gunung Raung, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, memiliki potensi alam melimpah. Kondisi ini dimanfaatkan warga untuk mengembangkan peternakan kambing perah etawa. 

Dalam seminggu, peternakan ini mampu menghasilkan 2000 liter susu kambing. Meski baru berdiri tahun 2018, kelompok ternak kambing perah ini memiliki anggota cukup banyak. Sedikitnya 15 peternak bergabung. Total kambingnya mencapai 100 ekor. Rata-rata, satu ekor kambing bisa menghasilkan minimal 1-2 liter susu per hari. 

“Kambing kami seluruhnya produktif, sehingga produksi susunya sangat melimpah,” kata Hanif, Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) ternak kambing di Dusun Panjen, Desa Jambewangi.

Produksi susu etawa ini dikirim ke salah satu pabrik ternama. Peternakan ini menggunakan sistem berjaring di berbagai kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Dari peternak, harga susu kambing dihargai Rp15.000 per liter.  

“Jadi, kami ini peternakan berjaring yang bekerjasama dengan pabrik,” jelasnya.

Masa perah susu kambing ini dimulai ketika berusia 2 tahun. Lalu, masa perah produktif sekitar 1 tahun. Selama diambil susunya, seluruh ternak diberikan nutrisi pakan yang terjaga. Selain pakan hijauan, juga nutrisi tambahan. Hal ini untuk menjaga kualitas susu yang baik. Dari peternakan ini, bisa mendongkrak perekonomian warga.

Setelah kambing melewati masa produktif, daging kambing dimanfaatkan untuk konsumsi atau hewan kurban. Hasil pendapatan kelompok ternak ini juga mampu membantu warga kurang mampu di sekitarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral